• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

CARA BERWUDLU DAN MANDI WAJIB

 on Sunday 24 April 2011  

Wudlu dan mandi wajib adalah hal yang sangat penting. fungsinya adalah untuk menghilangkan hadas kecil dan besar.Berikut cara berwudlu dan mandi wajib.
Rukun Wajib Wudlu:
1.Niat
2.Membasuh wajah
3.Membasuh tangan
4.Mengusap kepala
5.Membasuh kaki
6.Tertib
Penjelasan:
Niat harus dilakukan bersamaan ketika membasuh wajah. niatnya sebagai berikut:


NAWAITUL WUDHUU'A LIRAF'IL HADATSIL ASHGHARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA. 
Lalu membasuh wajah,yaitu seluruh wajah harus basah.Namun jika mudarat cukup di usap. Mengusap kepala: mengusap artinya tidak harus basah. Membasuh kaki; basuhlah kaki dari ujung jari hingga keatas dan ingat jangan sampai melebihi lutut. Terakhir Tertib yaitu berurutan.
Mungkin anda heran kenapa tidak ada rukun Berkumur,membasuh hidung,dan membasuh telinga. sebenarnya itu adalah sunnah yang boleh dilakukan dan boleh tidak



Tata cara Mandi wajib
1.Niat
2.Siram kepala
3.Siram semua bagian tubuh sebelah kanan dengan menggunakan tangan kiri
4.Siram semua bagian tubuh sebelah kiri menggunakan tangan kanan

Penjelasan: Niat dilakukan bersamaan dengan menyiram kepala niatnya sebagai berikut;

NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.
Lalu Siram semua bagian tubuh sebelah kanan dengan menggunakan tangan kiri dan Siram semua bagian tubuh sebelah kiri menggunakan tangan kanan harus basah. Jika bertato itu kan tidak tembus air jadi kulit tidak basah, maka mandi wajib tidak sah. Tidak hanya bertato namun benda" lain yang tidak tembus air maka tidak sah. Jika tidak sah hukumanya adalah kelak pada hari kiamat akan ditusuk dari dubur sampai ubun" maka hindarilah hal tersebut. 

CARA BERWUDLU DAN MANDI WAJIB 4.5 5 AmBuDik Sunday 24 April 2011 Wudlu dan mandi wajib adalah hal yang sangat penting. fungsinya adalah untuk menghilangkan hadas kecil dan besar.Berikut cara berwudlu da...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme