• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

ISTINJA

 on Thursday 12 January 2012  

          Apabila keluar kotoran daripada salah satu dua pintu, wajib istinja dengan air atau dengan tiga buah batu, yang baik mula mula dengan batu atau sebagainya, kemudian diikuti dengan air.
  Sabda Rosulullah s.a.w : beliau telah melalui dua buah kubur, ketika itu beliau berkata,: kedua orang yang ada didalam kubur ini disiksa. Yang seorang disiksa karena mengadu ngadu orang, dan yang seorang lagi disiksa karena tidak mengistinja kencingnya, Sepakat Ahli hadis
   Sabda Rosulullah s.a.w : Apabila seseorang kamu beristinja dengan batu, hendaklah ganjil. Riwayat Bukhari dan Muslim.
  Sabda Rosulullah s.a.w : Berkata Salman: Rosulullah s.a.w telah melarang kita beristinja dengan batu kurang dari tiga. Riwayat Muslim.
 Dalam hadis ini disebutkan tiga batu berarti tiga buah batu atau satu buah batu perssegi tiga. Yang dimaksud batu disini ialah tiap tiap benda yang keras, seperti kayu, tembingkar dan sebagainya. Adapun benda yang licin seperti kaca tidak sah untuk istinja, karena tidak dapat menghilangkan najis. Demiklian pula benda yang dihormati seperti makanan dan sebagainya, karena mubazir.
      Syarat istinja dengan batu dan seumpamanya. Hendaklah sebelum kotoran kering, dan kotoran itu tidak mengenai tempat lain selain tempat keluarnya, maka tidak sah lagiu istinja dengan batu tetapi wajib istinja dengan air.

ISTINJA 4.5 5 AmBuDik Thursday 12 January 2012           Apabila keluar kotoran daripada salah satu dua pintu, wajib istinja dengan air atau dengan tiga buah batu, yang baik mula mula ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme