• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

BEBERAPA SUNNAH SHOLAT

 on Monday 20 June 2016  




1. Mengangkatkan dua tangan, ketika takbiratul ikhram, sampai bersamaan tinggi ujung jari dengan telinga, dan telapak tangan setinggi bahu serta keduanya dihadapkan ke kiblat.

2.Meningkatkan kedua tangan ketika akan ruku', dan ketika berdiri dari ruku' dan tatkala berdiri dari tasyahud awal dengan cara yang telah diterangkan pada takbiratul ikhram.

  Sabda Rosulullah s.a.w:
"Dari Ibnu Umar berkata: Apabila berdiri akan sholat, Nabi s.a.w mengangkat kedua tangan beliau sehingga keduanya sama tinggi dengan kedua belah bahu beliau, kemudian baru beliau takbir". Dan apabila hendak ruku' beliau mengangkatkan tangan beliau seperti demikian, dan apabila bangun dari ruku beliau angkatkan pula kedua tangan beliau seperti demikian." Riwayat Bukhari dan Muslim.

"Beliau tidak mengangkat kedua tangan ketika bangkit dari sujud, dan tidak pula ketika duduk diantara dua sujud" Riwayat Muslim.

"Apabila beliau berdiri dari rakaat yang kedua, beliau mengangkat kedua tangan beliau."


3. Meletakkan telapak tangan kanan atas belakang tangan kiri dan keduanya diletakkan dibawah dada. Kata sebagian ulama dibawah pusar.


4. Melihat kearah tempat sujud.


5. Membaca doa iftitah sesudah takbiratul ikhram, sebelum membaca al fatihah. 
   Lafaz Iftitah:
"Allahumma baaid baini wabaina khathaayaaya kama ba'adta bainal masyriqi wal magribi. Allahumma naqqini min khathaayaaya kama yunaqqats tsaubul abyadhu minad danasi. Allahumma ighsilni min khathaayaaya bitssalji wal maai wal bardi."

Sabda Rosulullah s.a.w:
"Dari Abu Hurairah: Rasulullah s.a.w apabila telah mengucap takbir dalam sholat, beliau diam sebentar sebelum membaca Al Fatihah, saya bertanya kepada beliau : Apakah engkau baca diantara takbir dan Fatihah? Jawab beliau: Saya baca : Ya Allah jauhkanlah antaraku dan kesalahanku sebagaimana engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkanlah aku dari kesalahanku sebagaimana kain putih di bersihkan dari kotoran. Ya Allah basuhlah kesalahanku dengan air, es dan embun" Riwayat Bukhari dan Muslim

Atau dengan lafaz yang tersebut dalam hadist
"Wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal ardha hanifam musliman wama ana minal musyrikin, inna shalati wanusuki wamahyaaya wamamaati lillaahi rabbil 'alamin, lasyarika laahu 
wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimin."

"Dari Ali bin Abu Thalib berkata: Rasulullah s.a.w apabila berdiri sholat, beliau membaca: Saya menghadapkan muka ke hadirat yang menjadikan langit dan bumi dengan tunduk menyerahkan diri. Saya bukanlah termasuk orang yang mempersekutukan Allah. Sesungguhnya sholatku ibadahku hidupku dan matiku adalah kepunyaan Tuhan yang menguasai sekalian alam. Tuhan yang tidak bersekutu bagiNya dan dengan demikian saya diperintah dan saya adalah termasuk orang orang yang menyerah" Riwayat Muslim


6. Membaca Ta'awudz.
     "A'uzubillaahi minas-syaithaanir rajiim"
     "Aku berlindung kepada Allah dari godann syeian yang terkutuk." Riwayat Abu Sa'id Al Khudri.

Firman Allah s.w.t:
"APABILA ENGKAU MEMBACA AL QURAN HENDAKLAH ENGKAU MINTA PERLINDUNGAN KEPADA ALLAH DARIPADA GODAAN SYEITAN YANG TERKUTUK" An Nahl 98


7. Diam sebentar sebelum membaca Al Fatihah dan sesudahnya.

"Dari Samurah: Nabi besar s.a.w. diam sebentar apabila sudah takbir dan apabila beliau sudah selesai dari membaca Al Fatihah" Riwayat Abu Daud.


8. Membaca Amiin sehabis membaca Fatihah.
Juga sunnah sebelum membaca amin, membaca "Rabbighfirli"

Kalau Al Fatihah dibaca dengan keras,Amin juga dibaca dengan keras, sebaliknya kalau Al Fatihah tidak dengan keras Amin pun tidak pula.

Sabda Rasulullah s.a.w:
"Apabila imam berkata WALADH-DHAALLIIN maka hendaklah kamu berkata pula Amiin, maka sesungguhnya malaikat berkata pula Amin dan imam juga berkata Amin, maka barangsiapa yang sama sama Amin nya dengan Amin malaikat, diampuni dosa yang telah lalu"  Riwayat Ahmad dan Nasai.

"Dari wail bin Hujurin: Ia telah mendengar Rasulullah s.a.w ketika selesai membaca WALADH-DHAALLIIN beliau membaca RABBIGHFIRLI AMIIN." Riwayat Thabrani dan Baihaqi


9. Membaca Surat atau ayat Al Quran.
Bagi imam atau orang sholat sendiri, sesudah membaca Al Fatihah, pada dua rakaat pertama,( ke1 dan ke2) dalam tiap tiap sholat Surat atau ayat yang dibaca di rakaat pertama, hendaklah lebih panjang dari yang dibaca pada rakaat kedua, juga hendaklah antara kedua surat itu bertertib sebagai dalam Quran.

Sabda Rosulullah s.a.w:
"Dari Abu Qatadah: Sesungguhnya nabi s.a.w membaca Al Fatihah dan dua surat pada dua raka'at yang pertama waktu sholat zuhur. Dan dua rakaat yang akhir beliau membaca Al Fatihah saja. ayat yang beliat baca itu sewaktu waktu beliau perdengarkan kepada kami, ayat yang beliau baca pada rakaat pertama lebih pamjang dari ayat yang beliau baca pada rakaat kedua. Demikian pada sholat Ashar dan demikian pula pada sholat Subuh."  Riwayat Bukhari dan Muslim.


10. Sunnah bagi ma'mum mendengarkan bacaan imam nya.
Firman Allah s.w.t:
"APABILA DIBACA ORANG QURAN HENDAKLAH KAMU DENGARKAN"  Al A'raf 204

Sabda Rosulullah s.a.w:
"Apabila kamu sholat di belakangku maka janganlah kamu baca apa apa selain dari Ummul Quran(Al-fatihah)" Riwayat Tirmidzi.


11. Mengeraskan bacaan sholat Subuh dan pada dua rakaat yang pertama pada sholat Maghrib dan Isya, begitu pula sholat jumat, hari raya, Tarawih, dan Witir pada bulan ramadhan, beralasan dengan amal Rosulullah s.a.w yang diriwayatkan oleh Bukhari.


12. Takbir tatkala turun dan bangkit, selain dari ketika bangkit dari ruku'.


13. Membaca "Sami'al-llaahuliman hamidah" ketika bangkit dari ruku'


14. Membaca "Rabbana wa lakal-hamdu" tatkala i'tidal
 
"Dari Abu Hurairah: Rosulullah s.a.w apabila berdiri untuk sholat, beliau takbir ketika berdiri, kemudian takbir ketika ruku', kemudian membaca Sami'al-llaahuliman hamidah ketika bangkit dari ruku' kemudian membaca Rabbana wa-lakal hamdu ketika i'tidal kemudian beliau takbir ketika turun akan sujud, kemudian takbir ketika bangun dari sujud, lalu takbir lagi ketika sujud kedua dan ketika bangkit dari sujud. Beliau lakukan sedemikian pada raka'at sholat dan beliau takbir pada ketika berdiri dari rakaat yang kedua sesudah tasyahud pertama." Riwayat Bukhari dan Muslim.


15. Meletakkan dua tapak tangan diatas lutut ketika ruku', keterangan amal Rosulullah s.a.w. Riwayat Bukhari dan Muslim.


16. Membaca tasbih tiga kali tatkala ruku'. lafaznya: "Subhaana rabbial-'adzim"
       "Maha suci Tuhanku yang amat mulia"


17. Membaca tasbih tiga kali tatkala sujud. Lafaznya: "Subhana rabbial-a'la"
      "Maha suci tuhanku yang amat tinggi"


18. Membaca doa ketika duduk diantara dua sujud. Lafaznya: "Allahummaghfirli warhamni wajburni wahdini warzuqni."
"Dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya Nabi s.a.w membaca diantara dua sujud: Ya Allah ampunilah aku beri rahmat lah aku, cukupilah aku, pimpinlah aku, dan beri rezekilah aku." Riwayat Tirmidzi dan Abu Daud.


19. Duduk Iftirasy
Duduk diatas mata kaki kiri, tapak kaki kanan ditegakkan, ujung jari kaki kanan dihadapkan ke kiblat. bersimpuh pada semua duduk dalam sholat terkecuali duduk akhir. Keterangan amal Rosulullah s.a.w Riwayat Tirmidzi.


20. Duduk tawarruk.
Seperti duduk iftirasy juga tetapi tapak kaki yang kiri dikeluarkan ke sebelah kanan dan pantatnya sampai ketanah, duduk di akhir. Keterangan amal Rosulullah s.a.w. Riwayat Bukhari.

21. Duduk istirahat(sebentar) setelah sujud kedua sebelum berdiri, beralasan amal Rosulullah s.a.w. yang diriwayatkan oleh Bukhari.


22. Bertelekan ke tanah tatkala hendak berdiri dari duduk. Keterangan amal Rosulullah s.a.w yang diriwayatkan oleh Bukhari.


23. Memberi salam yang kedua.


24. Menoleh ke kanan pada salam pertama, sehingga kelihatan pipinya yang kanan dari belakang, begitu juga sewaktu salam kedua hendaklah menoleh ke sebelah kiri sampai kelihatan pipi yang kiri dari belakang.
"Dari Sa'id bin Abi Waqash: Saya lihat Nabi s.a.w memberi salam ke kanan dan kekiri sehingga kelihatan putih pipi beliau" Riwayat Muslim.


25. Ketika memberi salam hendaklah di niatkan memberi salam kepada yang disebelah kanan dan kirinya baik terhadap manusia maupun malaikat, dan imam memberi salam kepada makmum dan mereka berniat menjawab salam imam.

BEBERAPA SUNNAH SHOLAT 4.5 5 AmBuDik Monday 20 June 2016 1. Mengangkatkan dua tangan, ketika takbiratul ikhram, sampai bersamaan tinggi ujung jari dengan telinga, dan telapak tangan setingg...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme