• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

SUNNAH YANG LEBIH PENTING(SUNNAG MUAKKAD) DALAM SHOLAT

 on Wednesday 22 June 2016  

  Dalam mazhab Syafi'i ada dua sunnah yang lebih penting dari yang tersebut sebelumnya sehingga bila salah satu daripada keduanya ditinggalkan hendaklah diganti dengan sujud syahwi yaitu sujud dua kali sesudah tasyahud akhir sebelum salam karena terlupa.


1.Membaca tasyahud awal sesudah sujud kedua dari raka'at yang kedua sebelum berdiri pada raka'at yang ketiga.

   "Dari Abdullah bin Bukainah: Kami telah sholat bersama Rosulullah s.a.w sholat zuhur, beliau berdiri dan beliau ketinggalan duduk tasyahud pertama, maka pada akhir sholat, beliau sujud dua kali" Riwayat Bukhari dan Muslim.

   "Dari Ibnu Ma'sud berkata: Sesungguhnya Muhammad s.a.w telah berkata: apabila kamu duduk pada tiap tiap dua raka'at sholat, maka hendaklah kamu baca Attahiyyatu lillah dan seterusnya(Lihat lafaz tasyahud dalam tulisan yang lalu)." Riwayat Ahmad dan Nasai.


2. Qunut
   Sesudah i'tidal yang akhir pada sholat Subuh dan witir, sejak malam 16 bulan Ramadhan sampai akhirnya.

   "Dari Anas berkata: Senantiasa Rosulullah s.a.w qunut pada sholat Subuh hingga sampai saat beliau meninggal dunia" Riwayat Imam Ahmad.

Lafaz Qunut:
   " Allaahummahdini fiman hadait, wa-'aafini fiman 'afait, wa-tawallani fiman tawallait, wa-barikli fima a'thait, waqini syarrama qadhait, fainnaka taqdhi wala yudha 'alaik, wainnahu la yadzilu-man walait, wala ya'izilu man walait, wala ya'izuman 'adait tabarakta rabbana wata'alait."

   "Ya Allah berilah aku petunjuk, seperti orang orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku kesehatan seperti orang orang yang telah Engkau beri kesehata, perlindungilah aku seperti orang orang yang telah Engkau beri perlindunganMu, berkahilah barang yang telah Engkau berikan kepadaku, jauhkan lah aku daripada kejahatan yang telah Engkau pastikan, karena sesungguhnya hanya Engkaulah yang dapat memastikan akan sesuatu, dan tak ada lagi yang berkuasa diatas Engkau dengan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang mendapat perlindunganMu, dan tidak akan mulia orang yang Engkau memusuhinya. Ya Allah bertambah-tambah kebaikanmu dan hilangkanlah segala yang tidak layak bahgimu" Riwayat Abu Daud, Tirmidzi dan Nasai.

  "Dari Anas, sesungguhnya Nabi s.a.w telah membaca qunut satu bulan lamanya, beliau mendoakan atas segolongan masyarakat Arab, kemudian beliau hentikan." Riwayat Ahmad, Muslim, Nasai dan Ibnu Majah

  "Dari Ibnu Abbas berkata: telah qunut Rasulullah s.a.w satu bulan berturut turut pada sholat zuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh. Pada akhir tiap tiap sholat diwaktu i'tidal raka'at penghabisan, beliau mendoakan atas mereka,, dan kabilah Banu Sulaim, Ra'lin, Zakwan, dan 'Ushaiyah. Orang yang sholat mengikuti beliau lalu mengaminkan doa' beliau itu." Riwayat Abu daud dan Ahmad.

SUNNAH YANG LEBIH PENTING(SUNNAG MUAKKAD) DALAM SHOLAT 4.5 5 AmBuDik Wednesday 22 June 2016   Dalam mazhab Syafi'i ada dua sunnah yang lebih penting dari yang tersebut sebelumnya sehingga bila salah satu daripada keduanya d...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme